Jumat, 11 Februari 2011

UN 2011

Jelang UAN

Jauhkan Anak-anak dari Hiburan Malam

Sekadau. Menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) bulan April tahun 2011 tinggal hitungan bulan. Persoalan yang mendasar bagi peserta UAN tahun ini cukup pelik. Kenaikan pencapaian angka kelulusan cukup tinggi, yakni 5,50 nilai rata-rata.
“Walaupun hasil Ujian Sekolah (US) menjadi faktor penting dalam penentuan kelulusan siswa, namun jangan dianggap enteng,” tegas Drs Djemain Burhan, kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/1).
Untuk mengantisipasi kegagalan dalam UAN, lanjut Djemain, perlu penempatan mental serta menjauhkan anak-anak dari hal-hal yang bersifat negatif, seperti hiburan malam, warung internet (Warnet), dan minum-minuman keras.
Karena faktor ini sangat merusak mental serta konsentrasi anak-anak untuk belajar. “Walau anak-anak tidak harus monoton terlalu memikirkan UAN, akan tetapi hiburan seperti ini harus dihindari. Ini menjadi tugas guru, orang tua murid, dan wali murid,” tutur Djemain.
Diutarakan Djemain lagi, memang UAN tahun ini sangat berbeda, karena hasil Ujian Sekolah (US) sangat menentukan. Bahkan 60 persen nilai US harus dicapai, sedangkan nilai UAN hanya 40 persen, dengan begitu kedua jenis ujian tersebut sama pentingnya untuk kelulusan.
Dalam kedua ujian ini mata pelajaran yang di-UAN juga masuk dalam US, jadi enam mata pelajaran yang ada sebelum di-UAN-kan terlebih dulu dilaksanakan US.
“Namun soalnya tidak sama, dalam UAN satu soal lima paket soal yang berbeda. Jadi peserta tidak mungkin bisa kerja sama, kendatipun hal itu tidak mungkin terjadi,” terang Djemain.
Hanya saja, terangnya lagi, saat pelaksanaan UAN berlangsung guru bidang studi yang bersangkutan tidak boleh berada di gedung. Misalnya mata pelajaran yang bahasa Indonesia, saat UAN berlangsung guru bidang studi bahasa Indonesia tidak boleh berada di gedung tempat UAN berlangsung, apalagi masuk. “Pengawas kita lakukan silang antarsekolah, hal ini untuk menjaga kemu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar